Akuntansi Dasar Menggunakan Progam MYOB

Akuntansi Dasar Menggunakan Progam MYOB

Akuntansi Dasar Menggunakan Progam MYOB

Akuntansi Dasar Menggunakan Progam MYOB

Pengertian Akuntansi

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis karena merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Semakin baik kita mengerti bahasa tersebut, maka semakin baik pula keputusan kita, dan semakin baik kita didalam mengelola keuangan. Untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut, maka digunakanlah laporan akuntansi atau yang dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan biasanya terdiri atas empat jenis laporan, yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Untuk memudahkan proses akuntansi dalam menginputkan laporan keuangan dalam suatu perusahaan, maka digunakan program MYOB. Program ini merupakan program yang sudah digunakan oleh perusahaa-perusahaan untuk mengatur keuangan mereka. MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini.

 

 

Pengertian MYOB Accounting

MYOB Accounting merupakan paket program computer untuk olah data akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh MYOB Limited Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan di beberapa negara lain. MYOB sudah menyediakan daftar rekening siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

 

 

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi.

Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja. (Harahap, 1994)

MYOB merupakan kependekan dari Mind Your Own Business. Program aplikasi komputer yang di gunakan sebagai aplikasi otomatis pembukuan yang mudah dan mampu menampilkan laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).

MYOB adalah program yang sangat mudah digunakan, dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan diseluruh dunia, sangat cocok digunakan untuk perusahaan kecil – menegah dengan fitur yang sangat lengkap, 3 produk MYOB adalah MYOB BusinessBasic modul-modulnya yang paling sederhana terdiri dari modul Accounts, Banking & Sales saja, tidak cocok untuk perusahaan yang menginginkan laporan keuangan secara lengkap, modul pembelian, Inventory, kartu stok & Laporan hutang tidak tersedia & harganyapun jauh lebih murah dari MYOB Accounting & MYOB Premier.

MYOB Accounting adalah software akuntansi yang lengkap untuk menghasilkan laporan keuangan tetapi singlecurrency, tidak bisa digunakan lebih dari satu mata uang & single user yaitu database tidak bisa dipakai bersamaan dengan useruser yang lain. Sedangkan MYOB Premier adalah software akuntansi yang paling lengkap untuk menghasilkan laporan keuangan.

MYOB Accounting merupakan paket program computer untuk olah data akuntansi yang dibuat secara terpadu (integrated software). Program dibuat oleh MYOB Limited Australia, selanjutnya software ini telah dipakai dan dikembangkan di beberapa negara lain. Metamorfosis MYOB sudah menyediakan daftar rekening siap pakai menggunakan bahasa Inggris untuk 105 jenis perusahaan.

 

 

Program MYOB dapat digunakan secara efektif dan efisien

dengan cara memehami proses kerja program dalam kaitan dengan proses akuntansi. Proses akuntansi dengan MYOB diawali dengan dicatat data awal perusahaaan dan berakhir dengan disusun laporan keuangan.