5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa

5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa

5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa

5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa
5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa

Apakah umpan yang dapat digunakan untuk memancing sepat rawa? Trichogaster trichopterus atau ikan sepat rawa ialah ikan air tawar yang termasuk dalam famili Osphronemidae. Selain dijadikan sebagai ikan konsumsi, ketika ini mulai banyak orang yang memelihara ikan ini di akuarium sebagai ikan hias alasannya ialah memiliki corak yang cukup unik. Jika dibandingkan dengan ikan sepat siam, sepat rawa bertubuh lebih kecil serta memiliki bintik hitam di tubuhnya. Itulah kenapa ikan ini sering disebut three spot gourami oleh masyarakat luar negeri.

Di habitat alaminya, ikan sepat rawa biasanya mengonsumsi tanaman air serta binatang-binatang renik. Yap, ikan ini merupakan hewan omnivora yang mampu memakan apa saja. Kaprikornus ada cukup banyak pilihan umpan yang dapat dipakai untuk memancing ikan ini.

Salah satu trik untuk mengundang ikan sepat rawa untuk datang berkumpul di suatu spot pemancingan ialah mengembangkan dedak halus, minyak jelantah, atau remahan kerupuk terlebih dahulu di sungai. Jika kemudian muncul riak-riak di permukaan air berarti sudah ada ikan sepat rawa yang berkumpul di lokasi tersebut. Apakah umpan yang dapat digunakan untuk memancing sepat rawa Simak 5 Umpan Pilihan Mancing Ikan Sepat Rawa

Berikut ini beberapa pilihan umpan mancing sepat rawa yang mampu digunakan :

    Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan umpan yang paling indah untuk memancing ikan air tawar, termasuk ikan sepat rawa. Kelebihan dari umpan ini yaitu mudah didapatkan, harganya murah, dan gampang dipasang di kail. Cacing tanah juga mengandung busuk anyir yang cukup berpengaruh sehingga ampuh untuk mengundang supaya segera memakannya. Mengingat ukuran verbal ikan sepat rawa yang kecil, Anda sebaiknya memilih cacing tanah yang juga berdiameter kecil supaya ikan tersebut mampu memakannya.

    Telur Semut

ikan guppy – Telur semut atau biasa disebut kroto juga mampu dipakai untuk menarik perhatian ikan sepat rawa. Anda mampu membeli umpan ini di pasar burung terdekat alasannya ialah kroto pun sering digunakan sebagai pakan burung kicauan. Usahakan pilihlah telur semut yang wujudnya masih mulus dan tepat alias belum ada tanda-tanda bahwa semut di dalamnya akan segera menetas.

    Daging Ayam

Karena mempunyai busuk bacin yang sangat kuat, daging ayam dinilai efektif sebagai umpan mancing ikan sepat rawa. Anda mampu menggunakan daging ayam yang gres saja dipotong. Semakin segar daging tersebut, maka semakin besar pula peluang sepat rawa bakal melahapnya. Sebelum dipasang di kail, irislah daging tersebut menjadi ukuran yang kecil dengan diameter tidak lebih dari badan cacing tanah.

    Cacing Pita

Bagi Anda yang memelihara ikan hias di rumah, Anda tentu memiliki persediaan cacing pita yang cukup banyak sebagai pakan dari ikan hias tersebut. Untuk menghilangkan kejenuhan, cobalah sekali-kali memancing ikan sepat menggunakan persediaan cacing pita tadi. Caranya mudah sekali alasannya ialah Anda cukup memasangnya di kail, lalu menempatkan kail tersebut di spot yang terdeteksi banyak ikan sepat di dalamnya.

    Mie Rebus

Kalau sedang iseng, bolehlah memancing ikan sepat rawa menggunakan umpan berupa mie rebus. Memang sih peluang keberhasilannya tidak terlalu tinggi ibarat halnya umpan-umpan di atas. Tetapi umpan mie ini juga ternyata mampu lho menarik perhatian ikan sepat rawa untuk memakannya. Anda dapat merebus mie sebentar saja hanya untuk membuatnya mengembang dan teksturnya pun lebih lunak. Jangan terlalu lama dalam merebus mie untuk umpan ini supaya teksturnya tidak kelewat empuk sehingga mudah terlepas dari mata kail.