4 Makanan Sehat yang Baik untuk Kinerja Paru-Paru

4 Makanan Sehat yang Baik untuk Kinerja Paru-Paru4 Makanan Sehat yang Baik untuk Kinerja Paru-Paru

Mengonsumsi makanan sehat bisa memberi manfaat untuk tubuh, termasuk paru-paru. Ada beberapa jenis makanan yang disebut bisa membantu mengoptimalkan kinerja organ ini. Makanan-makanan itu diyakini bisa membantu membersihkan paru-paru. Apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi?

Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang harus dilakukan. Apalagi jika kamu memiliki riwayat penyakit paru-paru, aktif merokok, serta tinggal di daerah yang banyak polusi udara. Salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Biar lebih jelas, simak pembahasan dan daftar makanan apa saja yang baik untuk kesehatan paru-paru dalam artikel berikut!

 

Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

Ada berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru, di antaranya:

Bawang Putih
Salah satu makanan yang disebut baik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah bawang putih. Kandungan allicin yang ada pada makanan ini bersifat sebagai anti-inflamasi. Artinya, rutin mengonsumsi bawang putih secara teratur bisa membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi serta inflamasi. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan yang bisa membantu mengatasi gejala penyakit asma kambuh serta menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru.

Apel
Selain bawang putih, rutin mengonsumsi buah apel, ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan organ paru-paru. Tak hanya memiliki rasa yang enak, nyatanya buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pada satu buah apel, terdapat banyak kandungan serat, vitamin, antioksidan, serta rendah kalori.

Selain itu, buah apel juga banyak mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan pada buah ini juga disebut bisa memelihara kesehatan sistem pernapasan. Saat sistem pernapasan baik dan terjaga, maka risiko gangguan pada paru-paru pun akan menjadi lebih kecil.

Jahe
Manfaat anti-inflamasi juga bisa didapat dari jahe. Rutin mengonsumsi jahe diyakini bisa membantu “membersihkan” paru-paru dan menjaga kesehatan organ tersebut. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan menjadikannya sebagai minuman atau dicampurkan pada masakan tertentu. Menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe yang dicampur dengan teh hangat dan lemon. Tidak hanya menyehatkan, minuman ini juga bisa membuat tubuh lebih segar.

Teh Hijau
Satu gelas teh hijau sudah terbukti bisa memberi manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Namun siapa sangka, rutin mengonsumsi satu gelas teh hijau sebelum tidur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan paru-paru. Mengonsumsi segelas teh hijau sebelum tidur bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk dari paru-paru.

Selain konsumsi makanan tertentu, ada hal lain yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti merokok. Nyatanya, kebiasaan merokok bisa merusak paru-paru lebih cepat dan meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Mau punya paru-paru yang lebih sehat? Berhenti merokok adalah jawabannya.

Selain itu, menjaga kesehatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Namun sebaiknya, hindari berolahraga di area yang memiliki kualitas udara buruk. Hal itu nyatanya hanya akan meningkatkan risiko kerusakan pada sistem pernapasan atau paru-paru.

 

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/sony-luncurkan-xperia-xz1-di-india/