Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

cara memperbaiki memory card


Ponsel dengan media penyimpanan internal berkapasitas besar sudah banyak beredar di pasaran saat ini. Namun tetap saja, MicroSD (memori eksternal) menjadi kebutuhan bagi setiap pengguna smartphone.

Pasalnya, perangkat tersebut memiliki daya tampung lebih yang dapat menyimpan berbagai macam berkas (Notabene-nya berkas-berkas akan membebani kinerja memori internal).

Meskipun begitu, terkadang bisa saja media penyimpanan jenis ini menjadi tidak dapat terbaca atau rusak.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kami telah mengumpulkan beberapa cara memperbaiki memory card rusak atau tidak terbaca, yang di sadur dari referensi terpercaya. Simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Cara memperbaiki memory card rusak

Paling mudah, dan cara terpraktis adalah dengan membersihkan fisik dari media penyimpanan.

lempengan kuning

  • Bersihkan bagian terluarnya, yakni lempengan berwarna kuning dengan karet penghapus berwarna putih secara perlahan dan hati-hati.
  • Pertama, keluarkan terlebih dahulu kartu memori dari ponsel (pastikan ponsel sudah Anda non-aktifkan).

Cara lainnya adalah melalui metode format via Android. Langkah yang dapat di lakukan:

  • Buka Halaman Setting
  • Masuk ke Storage dan klik menu erase SD Card, yang ada di dalam halaman tersebut. Hal ini akan membuat media penyimpanan, layaknya memori baru (bersih).

Solusi yang ketiga adalah menggunakan PC.

  • Silahkan Anda hubungkan PC dan perangkat Android dengan menggunakan kabel data. Pastikan terhubung dalam MSD (Mass Storage Mode) lalu buka Windows Explorer dan pilih Drive kartu memori.
  • Kemudian lanjutkan dengan klik kanan, lalu pilih Properties, klik Tools dan pilih lagi Error Checking.

Metode terakhir, format dari komputer. Apabila MicroSD masih rusak dan tidak terbaca pada ponsel, namun justru terbaca pada laptop atau PC. Simak langkah-langkah berikut:

cara memperbaiki memory card rusak via pc

  • Buatlah folder baru pada media penyimpanan PC, dan beri istilah atau nama penanda. Folder itu akan berfungsi sebagai wadah sementara (backup) isi dari MicroSD.
  • Ambil seluruh isinya lalu pindahkan ke dalam folder tersebut. Dari sini, Anda sudah bisa mem-format kartu memori. Catatan: perlu di ingat, pastikan tidak ada data yang tertinggal atau lupa di pindahkan.
  • Setelah proses format selesai, Pindahkan lagi semua berkas tadi ke dalam kartu. Jika masih tidak terbaca, ulangilah lagi caranya atau Anda memang harus mengganti alias beli yang baru.

Itulah beragam solusi yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah pada memory card yang rusak. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Sumber: Em Yopik Rifai (Jalantikus.com)/ dAKirby309 (Iconarchive.com)


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.