Cara Membuat Email Baru Secara Gratis Dan Mudah

cara membuat email baru


Saat ini, email telah menjadi hal tidak bisa di pandang sebelah mata karena hampir dari setiap aktivitas kita yang secara mayoritas menggunakan gadget atau perangkat elektronik layaknya komputer (PC), sudah tentu membutuhkannya.

Baik untuk kebutuhan komunikasi umum, bisnis, berbelanja, sinkronisasi dan berbagai kegiatan lainnya.

Surel (Surat elektronik) atau biasa di kenal dengan email dalam pengertian luas adalah fasilitas yang khusus di sediakan bagi penggunanya untuk dapat melakukan pengiriman pesan secara elektronik dengan bantuan jaringan internet.

Secara umum kita mungkin hanya butuh 1 akun saja, tetapi ada pula beberapa pengguna lainnya yang ternyata membutuhkannya lebih dari itu karena tujuan tertentu.

Misalnya membuat dua akun email di mana akun pertama di pakai untuk kepentingan pribadi sedangkan yang lainnya untuk kebutuhan pekerjaan atau bisnis.

Lalu, bagaimanakah cara membuat email baru? Ternyata caranya cukup mudah dan sederhana. Siapapun bisa membuatnya selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Surat elektronik bisa di buat melalui komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone yang di miliki.

Memilih Penyedia Email Gratis

Saat ini, ada banyak penyedia layanan surat elektronik seperti yahoo, gmail, hotmail, dan masih banyak lagi. Tetapi, dari sekian banyak penyedia, yahoo dan gmail menjadi yang paling populer karena memang memiliki pengguna terbanyak.

Yahoo mail adalah layanan email gratis yang di sediakan oleh Yahoo! sedangkan gmail adalah layanan yang di tawarkan oleh Google.

Lalu, manakah yang lebih baik di antara keduanya? Untuk mengetahui lebih jauh kelebihan dan kekurangan dari keduanya, kami akan meninjau dari segi kecepatan, keamanan dan sisi kapasitasnya.

1. Kecepatan

Dari segi kecepatan, tidak ada yang meragukan kecepatan Gmail. Di bandingkan dengan Yahoo mail, yang satu ini jelas jauh lebih unggul dari lawannya tersebut. Misalnya saja ketika akan melakukan login, tidak ada hambatan yang berarti selama koneksi internet Anda stabil.

Di sisi lain, untuk login ke Yahoo mail membutuhkan waktu lebih lama bahkan kadang gagal meskipun koneksi internet sangat bagus. Dalam menerima email, Gmail juga sangat responsive. Ketika ada surat masuk, maka pemberitahuan akan langsung bisa terlihat sedangkan Yahoo mail biasanya kita harus me-refresh dulu.

Untuk pengirimannya pun demikian. Gmail bisa mengirim dengan kapasitas besar dan dan lebih cepat di banding Yahoo Mail. Perbandingan ini menjadi sangat krusial sebelum memulai cara membuat email baru.

2. Keamanan

Lain halnya dengan segi keamanan, kedua layanan setidaknya memiliki kelebihan yang sama. Hanya saja dalam hal ini google sedikit lebih unggul dalam hal proteksi yang di tawarkan. Contohnya Anda nantinya bisa memanfaatkan fitur kunci keamanan (Security Key) dengan menggunakan USB.

Di sisi lain, Yahoo mail sudah mengantisipasi kemungkinan pencurian data sejak lama. Bahkan, Yahoo mail juga mewajibkan penggunanya mengisi email opsional untuk menambah keamanan. Jadi, bisa di bilang Gmail dan Yahoo mail sama-sama menjamin keamanan data.

3. Kapasitas

Terakhir, kita akan membandingkan keduanya dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang di tawarkan. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan yang terbatas (hanya 17 GB).

Di sisi lain, Yahoo mail bisa menampung dan menyimpan data jauh lebih banyak bahkan nyaris tak terbatas (1 TB atau sekitar 1000 GB).

Dalam hal ini, untuk Anda yang tetap ingin menggunakan akun Gmail, Anda bisa membuat lebih dari 1 akun atau mungkin beralih ke versi premium untuk kapasitas yang lebih besar.

Sekali lagi, manakah yang lebih baik? Dari pertimbangan-pertimbangan tadi, tentunya kita sebagai pengguna akan semakin cermat dalam memilih. Pemanfaatannya pun dapat di sesuaikan dengan keperluan, apakah memang ada kebutuhan akan segi kapasitas atau aspek lainnya.

Manfaat Membuat Email

Memiliki akun email memang sangat penting karena saat ini teknologi elektronik memiliki peranan yang sangat berpengaruh termasuk dalam bidang komunikasi. Namun, sebelum membahas langkah-langkah membuatnya, kita harus mengetahui manfaat-manfaatnya secara lebih jauh.

Yang pertama adalah sebagai akses untuk bergabung dengan jejaring sosial. Misalnya, untuk membuat Facebook, twitter, Google Plus dan jejaring sosial lain, syarat pertama yang harus di penuhi adalah memiliki email.

Email juga bisa di gunakan untuk mengakses dunia pendidikan dengan lebih mudah dan luas. Selain itu dapat di manfaatkan untuk melamar kerja karena banyak perusahaan yang lebih memilih calon karyawannya mengirimkan surat lamaran melalui email daripada dengan berkas.

Anda pun juga bisa menggunakannya untuk keperluan bisnis. Misalnya untuk promosi barang dagangan dan mengirimkan dokumen-dokumen penting secara elektronik. Pengiriman seperti ini biasanya juga di lakukan oleh pelajar, pencari kerja dan lain-lain.

Untuk urusan pribadi, tentu saja email berperan sebagai media komunikasi dengan pihak lain. Di bandingkan dengan surat, telfon, sms dan dan lain-lain, email lebih efektif serta murah.

Terakhir, jika Anda adalah seorang blogger dan ingin membuat blog atau situs, sudah pasti perlu akun email sebagai syarat utamanya.

Membuat Email Baru di Gmail

Cara membuatnya sama sekali tidak sulit dan hanya ada beberapa langkah yang harus di ikuti. Agar lebih memudahkan, kami menyarankan agar Anda menggunakan PC atau laptop. Berikut di bawah ini penjabarannya:

  • Langkah pertama adalah dengan mengunjungi situs Google mail (gmail.com).
  • Lalu Anda harus dengan menekan tombol Create an account jika menggunakan pengaturan bahasa Inggris (Buat akun untuk bahasa indonesia). Tombol ini sangat mudah di temukan yaitu berada tepat di bagian bawah halaman Google mail yang telah di buka.

cara membuat email baru - gambar 1

Setelah menekan tombol tersebut, Anda akan masuk ke halaman berikutnya. Pada halaman ini, setiap pengguna di wajibkan untuk melakukan pengisian data.

  • Ada beberapa data yang harus di isi mulai dari nama yang terdiri dari Nama Depan dan Nama Belakang.

cara membuat email baru - gambar 2

  • Lalu, Pilih nama pengguna (email) Anda dan buatlah sandi di kolom selanjutnya dan konfirmasi pada kolom di bawahnya. Setelah itu, isilah Tanggal lahir dengan lengkap.
  • Kemudian, pilih Gender atau jenis kelamin. Data lainnya yang perlu di isi adalah nomor ponsel.

cara membuat email baru - gambar 3

  • Untuk Alamat email Anda saat ini bisa di kosongkan, tetapi sebaiknya di lengkapi karena akan sangat berguna nantinya.
  • Lokasi negara di mana kita tinggal juga harus terisi. Setelah semua selesai, tekan tombol Langkah berikutnya.

cara membuat email baru - gambar 4

  • Klik tombol SAYA SETUJU pada popup halaman Privasi dan Persyaratan.

cara membuat email baru - gambar 5

  • Dengan begitu, langkah dalam membuat email baru telah selesai dan sukses. Catatan: Anda harus ingat bahwa akun ini berada di bawah pengawasan Google.
  • Setelah melalui itu semua, Anda akan secara otomatis masuk ke layar atau halaman dashboard (dengan cara menekan tombol Lanjutkan ke Gmail).

cara membuat email baru - gambar 6

  • Selanjutnya akan muncul popup tentang tutorial singkat seputar pemanfaatan akun.

cara membuat email baru - gambar 7

Anda bisa segera menggunakan akun yang telah di buat sesuai dengan kebutuhan. Contohnya sebagai syarat untuk menjadi anggota jejaring sosial, untuk mengirim pesan ke orang lain, mengirim foto atau dokumen jenis lainnya dan masih banyak lagi.

Sangat mudah bukan? Sebagai tips tambahan, sebaiknya menggunakan bahasa yang Anda kuasai. Jadi, sebelum membuat email, ada baiknya untuk mengatur terlebih dahulu pengaturan bahasa yang di gunakan agar lebih mudah memahaminya.

Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Sama halnya dengan Google mail, Yahoo mail juga merupakan salah satu penyedia layanan surat elektronik paling populer. Jadi, Anda bisa pertimbangkan untuk membuat akun baru melalui penyedia email gratis yang satu ini.

Bagaimana cara membuat email baru dengan menggunakan layanannya? Intinya tetap sama tapi ada beberapa langkah berbeda yang harus di lalui.

  • Yang pertama, seperti halnya membuat email di Google mail, Anda juga harus masuk ke situs Yahoo mail terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengunjungi Yahoo.com.
  • Setelah masuk ke halaman tersebut, ada beberapa kolom yang bisa di lihat. Anda juga bisa membaca berbagai berita yang di sediakan oleh Yahoo. Untuk menuju halaman Yahoo mail, klik tombol Mail di pojok kanan.
  • Selanjutnya pada bagian bawah form pengisian, Anda dapat klik tombol Daftar.

cara membuat email baru - gambar 8

Langkah berikutnya adalah yang paling penting. Di sini, Anda harus mengisi beberapa data yang di butuhkan oleh Yahoo untuk membuat akun. Beberapa data yang di minta hampir sama dengan data yang di minta oleh Google mail.

  • Data-data tersebut di sajikan dalam beberapa kolom yang meliputi Nama depan dan Nama belakang, Pilih ID Yahoo, Kata sandi, Nomor ponsel dan Tanggal lahir (terdiri dari bulan, hari dan tahun) serta jenis kelamin (opsional).

cara membuat email baru - gambar 9

  • Anda akan di minta untuk verifikasi nomor ponsel, yang nantinya akan di gunakan oleh Yahoo untuk mengirimkan Kunci Akun (bukti bahwa nomor tersebut memang milik Anda).

cara membuat email baru - gambar 10

  • Masukkan kombinasi angka dari Kunci Akun.

cara membuat email baru - gambar 11

  • Dengan berakhirnya langkah ini, berarti proses pembuatan email baru telah selesai. Agar akun Yahoo mail bisa segera di gunakan, Anda bisa langsung menekan tombol Mari kita mulai dan akan di arahkan langsung masuk ke halaman awal akun Yahoo mail.

cara membuat email baru - gambar 12


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.