Cara Memaksimalkan Fitur Google Chrome Android Pada Komputer

google chrome android


Dari berbagai jajaran produk jebolan google, hanya android dan chrome yang menjadi produk paling populer saat ini, di mana sekarang android merupakan sebuah sistem operasi yang menguasai pasar smartphone di seluruh dunia. Sementara chrome adalah browser yang juga merupakan sistem di dalam komputer, telah menguasai pasar dunia.

Akan tetapi masih ada sebagian besar orang tidak menyadari bahwa jika keduanya dapat menjadi sebuah kombinasi yang tepat bagi siapa saja yang suka mengganti atau beralih perangkat misalnya dari komputer ke smartphone ataupun sebaliknya pada saat-saat tertentu.

Maka dari itu setiap pengguna perlu tahu beberapa cara memaksimalkan penggunaan google chrome android di komputer ataupun bisa kebalikannya. Silakan simak penjabarannnya di bawah ini:

Penyambungan (Sinkronisasi) tab chrome pada android dan komputer

Memang tidak jarang saat bekerja kebanyakan orang lebih memilih untuk mengakses apa pun melalui komputer di bandingkan melalui smartphone.

Beda halnya ketika sedang melakukan perjalanan, baik Anda atau siapapun pasti sering mendapatkan kesulitan sehingga lebih memilih untuk menggunakan smartphone. Tentunya ini yang membuat setiap pengguna mengalami kendala ketika hendak memindahkan suatu file atau berkas dari laptop ke smartphone terlebih saat sudah menemukan suatu sumber informasi atau situs baru.

Untuk mengatasi hal itu, ternyata Chrome memiliki sebuah fitur yang dapat memungkinkan para pengguna untuk mengetahui history atau riwayat penelusuran dalam beberapa perangkat sekaligus, caranya pun juga sangat mudah dan hanya dengan membuka aplikasi chrome pada android Anda, kemudian pilih icon setting pada pojok kanan kemudian recent tabs dan setelah itu Anda akan dapat melihat seluruh perangkat beserta informasi situs yang sudah pernah di akses sebelumnya.

Tetapi pastikan terlebih dahulu untuk menggunakan akun google yang sama di setiap masing-masing perangkat, sebelum menjalankan cara di atas. Agar ketika browser di buka, seluruh riwayat pencarian dapat terlihat.

Sesuatu yang seperti ini pastinya akan memberikan rasa nyaman bagi pengguna pada saat apapun karena tidak harus repot ketika gonta ganti perangkat, selain itu ada baiknya untuk di lakukan agar penggunaan google chrome pada android terhadap komputer lebih optimal.

Penunjuk arah google maps pada komputer bisa di kirim ke android

google chrome android - kirim penunjuk arah google maps

Google maps sendiri sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang, di mana aplikasi tersebut dapat membantu dalam menunjukkan tempat-tempat yang ingin di tuju, akan tetapi pasti banyak dari kita yang belum mengetahui jika ada sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim rute perjalanan dari komputer ke smartphone android.

Lebih daripada itu melakukan hal ini bukanlah perkara sulit. Hanya dengan mengetik lokasi tujuan dan lokasi awal di google maps pada komputer, kemudian rute perjalanan akan tampil.

Anda bisa memilih opsi send directions to your phone yang letaknya berada di bawah petunjuk jalan, kemudian petunjuk navigasi secara otomatis akan berpindah ke ponsel pengguna.

Cari posisi smartphone

Saat sedang mencari smartphone yang hilang, secara umum penggunanya akan memanfaatkan sebuah aplikasi android yaitu android device manager. Padahal sebenarnya dengan menggunakan chrome di dalam komputer dengan akun yang sama, hal serupa pun dapat di lakukan. Selain memudahkan dalam melakukan pencarian, Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Caranya pun sangat mudah hanya dengan mengetik find my phone pada kolom pencarian google lalu selanjutnya hasil pencarian akan menampilkan lokasi dari smartphone yang di cari.

google chrome android - find my phone

Sumber: Pottsgoogleblog.blogspot.co.id

Selanjutnya posisi terakhir saat Anda meletakkan smartphone akan tampil pada hasil pencarian. Nah ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan android dan chrome.

Kendali komputer langsung dari android

Banyak orang belum mengetahui bahwa pengguna android sebenarnya mampu mengendalikan komputer langsung dari smartphone yang mereka miliki, caranya juga sangat mudah hanya dengan memasang aplikasi chrome desktop remote.

Memanfaatkan google search sebagai pengingat

Di saat merasa kerepotan, metode ini bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penggunaan. Caranya cukup mudah hanya dengan mengaktifkan google now pada android sebelumnya, lalu ketik remind me to x at y pada kolom pencarian google di komputer, kemudian pastikan tulisan yang di pilih adalah remind me on google now.

Setelah itu google now secara langsung akan mengingatkan jadwal kalender yang tadinya sudah di buat.

Demikian artikel kami mengenai 5 cara maksimalkan penggunaan android dan chrome di komputer. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Sumber: Cara sinkronisasi chrome di smartphone dan komputer


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.