Ini 8 Aplikasi Konversi PDF Ke Word Paling Populer

aplikasi pdf ke word


PDF (Portable Document Format) merupakan format yang saat ini umum di pakai untuk pertukaran dokumen secara digital. Dengan hadirnya pdf, berkas menjadi lebih mudah di baca dan tidak mudah untuk di ubah sehingga keaslian dari isi dokumen tetap terjaga.

Nah, permasalahan yang selalu muncul adalah bagaimana cara membuatnya? Bisakah jika kita membuat dokumen jenis lain misalnya dengan menggunakan microsoft word, lalu menyimpannya ke dalam format ini?

Yup, sebagaimana kita ketahui di hampir semua aplikasi pengolah dokumen, terdapat fitur untuk dapat menyimpan berkas yang telah di buat ke dalam pdf.

Tapi bagaimana jika sebaliknya? Apa mungkin untuk mengubah berkas atau dokumen berjenis pdf menjadi format lainnya hanya dengan mengandalkan bantuan aplikasi-aplikasi ini?

Kami rasa itu tidak cukup, tetap ada baiknya untuk menggunakan aplikasi khusus yang dapat mengatasi hal tersebut. Mungkin masih banyak yang belum tahu mengetahui bahwa ternyata ada cukup banyak aplikasi untuk mengubah pdf ke word (berlaku sebaliknya).

Apa saja sih itu? Berikut ini daftar software yang dapat di gunakan:

1. PDF To Word

Aplikasi pertama adalah PDF to Word. Aplikasi ini merupakan software pengkonversi dokumen yang paling banyak di gunakan.

PDF to Word tak perlu Anda instal pada PC atau ponsel karena bisa di manfaatkan secara online. Tak hanya word, tapi juga bisa mengkonversi ke powerpoint dan excel juga.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

aplikasi pdf ke word - gambar 1

Sumber: Pdftoword.com

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah masuk ke situs Pdftoword.com.
  • Kemudian unggah file atau dokumen yang akan di konversi.
  • Masukkan email yang akan di gunakan untuk menyimpan berkas.
  • Kemudian klik tombol Convert Now.

Anda bisa menggunakan aplikasinya dengan gratis. Tapi jika ingin mendapatkan versi premium, Ada biaya yang harus di keluarkan.

2. OnlineOCR

OnlineOCR merupakan aplikasi pdf ke word online terbaik saat ini. Seperti halnya PDF to Word, Anda tak perlu instal aplikasi dan cukup hanya dengan mengunjungi situsnya secara langsung.

Anda bisa mengkonversi berkas maupun gambar hasil scan berformat pdf ke word, word ke pdf, excel, power point dan plain text. Hampir semua jenis dokumen bisa di konversi dengan menggunakan OnlineOCR.

Berikut cara menggunakannya:

aplikasi pdf ke word - gambar 2

Sumber: Onlineocr.net

  • Masuk ke situs Onlineocr.net.
  • Kemudian pilih berkas yang akan di ubah (ukuran berkas maksimal 5 mb).
  • Pilih bahasa yang ingin di gunakan dan ingin di ubah menjadi jenis berkas apa.
  • Terakhir, klik tombol CONVERT.

3. doPDF

doPDF bisa di bilang bukan merupakan perangkat lunak.Pasalnya aplikasi ini hanyalah sebuah add on yang di gunakan untuk menyimpan dokumen pdf.

Seperti halnya fitur print atau cetak yang ada di setiap aplikasi pengolah dokumen, dalam menyimpan sebuah berkas prosesnya pun hampir sama (dengan doPDF).

aplikasi pdf ke word - gambar 3

Sumber: Dopdf.com

Aplikasi ini bisa merubah hampir semua jenis dokumen. Tidak hanya merubah pdf ke word atau sebaliknya, Dari berkas microsoft word, wordpad, notepad hingga halaman html pun bisa di ubah.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda langsung bisa mengkonversi berkas.

aplikasi pdf ke word - gambar 4

Sumber: Dopdf.com

Untuk dapat segera menggunakannya, Anda harus kunjungi situs doPDF terlebih dahulu, unduh secara gratis dan instal add on-nya (doPDF akan secara otomatis bertindak sebagai driver printer virtual).

4. 7-PDF2Word

Aplikasi selanjutnya adalah 7-PDF2Word. Layaknya aplikasi serupa, software ini juga dapat mengubah pdf ke word. Tampilan antarmukanya memang masih sederhana tetapi itu tidak membuat fungsinya utamanya berkurang.

Salah satu fitur unggulannya adalah

Tata letak halaman yang sudah di buat sebelumnya (format grafik, paragraf dan teks) akan tetap sama setelah di konversi.

aplikasi pdf ke word - gambar 5

Download aplikasi 7-PDF2Word

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu dan untuk menggunakannya, Silakan masuk ke situs 7-PDF kemudian unduh lalu instal pada komputer Anda.

Ukurannya pun tidak begitu besar (hanya sekitar 12 mb), jadi tidak akan membuat PC menjadi lemot.

5. PDFMate PDF Converter Free

Aplikasi pdf ke word yang satu ini juga dapat Anda gunakan secara Cuma-cuma. PDFMate sangat mudah untuk di gunakan.

aplikasi pdf ke word - gambar 6

Sumber: Pdfmate.com

Tidak seperti PDF to Word, aplikasi ini bukan merupakan layanan yang bisa di gunakan via online. Jadi Anda harus menginstalnya terlebih dahulu di komputer.

PDFMate bisa mengkonversi berbagai macam berkas. Mulai dari PDF ke word, TXT, EPUB, JPG,SWF dan HTML. Prosesnya pun terbilang sangat cepat dan memberikan hasil yang valid.

Tapi ada kekurangannya, yaitu Anda akan menerima pesan atau notifikasi secara terus menerus ketika sudah selesai mengkonversi. Aplikasi ini juga tidak mendukung file yang di proteksi dengan password.

6. SodaPDF

SodaPDF merupakan aplikasi yang juga cukup populer dalam mengubah jenis berkas. Aplikasi ini bisa Anda download di situs resminya (tersedia juga dalam bentuk layanan online).

aplikasi pdf ke word - gambar 7

Sumber: Sodapdf.com

Anda dapat mengubah jenis apapun ke pdf maupun sebaliknya. Termasuk word, excel, powerpoint, TXT, HTML, RTF dan gambar (JPEG, PNG, BMP, GIF, dan BMP). Penggunanya juga bisa mengkonversi semua halaman atau hanya memilih sebagian saja.

Pemakaian aplikasi juga sangat mudah. Anda cukup memasukkan berkas yang akan di konversi dan kemudian pilih jenis format yang akan di hasilkan.

7. Icecream PDF Converter

Icecream PDF Converter merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer. Aplikasi ini juga bisa merubah berkas pdf ke berbagai format tertentu. Seperti DOCX, DOC, XLS, ODT, XLSX, HTML, ODS, TIFF, HTM, BMP, JPG, GIF, PNG, MOBI, EPUB, EPS dan masih banyak lagi.

aplikasi pdf ke word - gambar 8

aplikasi pdf ke word - gambar 9

Sumber: Icecreamapps.com

Fitur dari Icecream PDF Converter bisa di bilang sangat lengkap jika di bandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

Kurang lebih ada 20 bahasa yang bisa di pilih, kemudahan dalam pengaturan halaman dan sangat cocok untuk Anda yang ingin mengubah banyak berkas sekaligus.

Dapat di unduh secara gratis melalui situs resminya untuk selanjutnya Anda instal.

8. Able2Extract PDF Converter

Able2Extract merupakan aplikasi berikutnya yang paling akurat dan cepat saat ini. Anda bisa mengubah berkas dari open office, microsoft office gambar dan lain-lain. Tersedia dalam dua jenis layanan, yakni berbasis online dan software.

Daya tarik utamanya sendiri adalah hasil yang di dapat pada tampilan dokumen.

Tulisan, tabel, kolom, grafis, header, footer dan tata letaknya akan sama persis dengan dokumen aslinya (yang notabene-nya sulit untuk di hasilkan).

Hampir semua jenis berkas dapat Anda konversi dengan menggunakan Able2Extract. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa menganalisis dan memperbaiki pengaturan halaman berkas yang berantakan.

aplikasi pdf ke word - gambar 11

Sumber: Investintech.com

Untuk bisa menggunakannya, Anda di haruskan untuk membeli softwarenya dulu. Harganya sekitar 99.95 USD (lisensi penuh) dan 34.95 USD (30 hari pemakaian) serta bisa mencoba secara cuma-cuma selama 7 hari.

Anda pun juga dapat memanfaatkan versi online-nya dan ini gratis. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

aplikasi pdf ke word - gambar 10

Sumber: Investintech.com

  • Masuk ke halaman Investintech.com/prod_a2d.htm dan cek kolom sebelah kiri.
  • Unggah berkas yang akan di ubah dengan menekan tombol Select file.
  • Isi form berikutnya dengan alamat email Anda. Centang kotak di bagian bawah form, jika Anda ingin dapat informasi mengenai update terbaru seputar aplikasi.
  • Klik tombol Start.

Catatan: Perlu di ingat bahwa berkas yang Anda unggah bukan merupakan dokumen penting dan ukurannya tidak terlalu besar.


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.